Saturday, 8 March 2014

Berkarya = Menggalau

Pernah nggak, kita membaca buku atau menonton film dan ketika sampai pada ending, kita misuh-misuh?

Damn, keren banget! Padahal ide ceritanya simple.

Pernah nonton Summer Time Machine Blues? Sebuah film tentang sekelompok anak muda yang menembus perjalanan waktu hanya untuk mencari remote AC yang hilang. Men, pake mesin waktu buat nyari remote AC, sederhana banget! Simple but cool, salah satu film Jepang terkeren yang pernah saya tonton.

Kalau di negri kita tercinta ini, film Janji Joni bisa dimasukkan. Ceritanya simple abis, tentang janji seorang pengantar roll film untuk selalu mengantarkan roll tepat pada waktunya. Dan setelah nonton itu saya menganga, film itu gokil banget, Men.

So, apa yang membuat ide sederhana bisa dieksekusi jadi karya yang ciamik?
Bisa jadi banyak hal, tapi menurut saya, ada satu hal utama di atas segalanya, yakni; masukkan kegalauan dalam ide tersebut. Ya, kegalauan (bukan keg4l4u4n), itu yang bikin sebuah karya punya ruh.

Coba lihat Janji Joni, Joko Anwar menaruh banyak kegalauanya tentang dunia film dari segala sisi. Pada bagian awal film kita udah disodorin kegalauan Joko tentang tipe-tipe penonton bioskop, kegalauan tentang tahap pembuatan film, dan berbagai kegalauan disuguhkan hingga akhir film, membuat film terasa padat bergizi.

Pertanyaan selanjutnya, mengapa karya yang padat galau menjadi karya yang selalu menimbulkan kesan tersendiri bagi saya? Atau mungkin bagi kamu? Setuju atau nggak, karya atas dasar kegalauan adalah karya yang datang dari kejujuran. Ketika saya menikmati karya tersebut, saya merasa ada di dalamnya, saya merasa menjadi bagian di dalamnya, saya merasa ‘oh ini karya kok gue banget ya?’.
  

Akhirnya, mau ide kamu sederhana, rumit, klise, unik, atau apapun, tetap bisa menjadi sebuah karya yang ciamik ketika kamu menumpahkan kejujuranmu di sana, menuangkan kegalauanmu di sana. Kegalauan adalah pondasi utama, selebihnya tinggal menyusun dan merapihkan bangunan cerita kita.

Selamat mencoba. Selamat mencari kegalauan. ^_^

Hidup Galau!
_Abi with love_

No comments :