Saturday, 29 March 2008

Abie: Teknisi ampuh


Saya baru tahu kalo dunia perteknologian kadang enggak bisa dicerna dengan akal logika. Kaya cintanya aknes monika, yang kadang-kadang tak ada logika…bukannya aku tak tahu, kau sudah ada yang punya…

Dan pengalaman saya di Himpunan bikin saya paham trik-trik jitu jika computer anda tiba-tiba ngambek gak jelas.

Apa aja trik-triknya? Apakah perlu alat-alat khusus kaya penggaruk punggung, cangkul, ato saringan tahu? Sabar, simak dulu ceritanya ya..

Di malam yang gelap (ya iyalah!), kalo enggak salah waktu itu malem minggu, saya berdua bersama kahima sedang istirahat di secretariat HIMATEKTRO. Sebenernya ini aib, karena ..ehem..karena saya abis jalan-jalan berdua ama kahima. Dan kahima itu COWOK!! Duh malunya, malem mingguan kok beduaan ama cowok? Seakan-akan saya melengkapi fakta yang beredar di elektro bahwa separuh mahasiswa elektro adalah homo…dan separuhnya lagi adalah PASANGANNYA!!

Tapi tenang para pembaca, saya tetep abi yang imut dan normal, yang tetep suka ama dian sastro, yang tetep mau diajak Nia Rmadhani maen kejar-kejaran.

Lanjut..

Di kehampaan kami berdua, tiba-tiba temen saya dateng. Namanya Muhyin.

“Bi, computer hima lagi nyala?”

“Duh yin, apakah dirimu melihat tanda-tanda kehidupan olehnya?”

“hehe..aku ngopi data ya!”

“Silakan..”

Tanpa banyak basa-basi Muhyin segera mengeluarkan seperangkat alat karambol, dan akhirnya kita maen bareng dan saya MENANG!!Hahaha..uhuk..uhuk...

Ya enggak lah, muhyin serta merta ngeluarin kabel USB dan HP Nokia seri 8286724. Duh, pokoknya yang kameranya bisa diputer-puter tanpa harus muter kepala sendiri.

Enggak pake jampi-jampi dulu Muhyin langsung nancepin tuh kabel USB. Dan tiba-tiba apa yang terjadi? Ternyata tidak terjadi apa-apa…namun setelah itu baru terjadi apa-apa. Apa-apa yang bikin saya stengah kaget dan bengong. Setelah Muhyin nancepin tuh kabel USB, Komputer mendadak padam.. mati.. tewas.. seketika. Kami bertiga diam dalam keheningan..dan enggak sadar kalo kaki-kaki kita udah digigitin nyamuk sekarung.

Kabel USB membawa petaka. Chip MotherBoard(MB) computer hima kebakar. Yang ada dibayangan saya saat itu adalah wajah manis citra sang bendahara, yang sedang tersenyum dengan indahnya, sambil bawa dua batu bata yang siap dilempar ke jidat saya.

Saya harus mencarikan motherboard baru. Ternyata susah banget nyari MB yang cocok ama prosesor saya. Susaaah banget, walo enggak sesusah nyari pacar. Akhirnya setelah muter-muter mall, dapet juga tuh MB, saya dapet MB second, enggak apalah.. daripada dapet pacar second? Lhoh, emang apa hubungannya Pacar ama MB? Apakah Motherboard adalah jelmaan dari pacar, ato mungkin motherboard bisa cariin kita pacar?gebleg..

Dan keanehanpun dimulai.

Semenjak ganti MB, computer HIMA sering ngambek, enggak mau nyala, enggak mau masuk Windows, sering restart dengan seenaknya, enggak mau beliin saya bakso, enggak mau pijitin saya, pokoknya berulah deh!

Saya sadar, walopun wajah saya kaya vic zhou, tapi saya bukan teknisi computer yang yahud. Saya cuma seorang manusia yang doyan ama makanan gratis. Tapi saya adalah sektretaris Himpunan, dan computer Bengal itu adalah salah satu urusan saya. Mau tak mau saya harus jadi teknisi computer, dengan kemampuan ngupil yang oke punya.

Komputer enggak bisa nyala lagi! Anak-anak semakin ribut karena mo bikin proposal. Saya mulai berfikir. Saya lihat CPU yang sedang berdiri tegak. Satu ide brilian muncul, “Mungkin kalo CPU itu ditidurkan, computer bakal waras lagi.” Ini adalah diagnosa seorang teknisi computer abad 21. Saya teramat yakin dengan solusi saya itu, tanpa ambil napas, saya lagsung tidurkan CPU HIMA.

Apa yang terjadi? Keren pokoknya! Ketika saya hidupkan tombol Power, computer langsung Waras!! Saya semakin sadar kalo saya punya bakat terpendam yang selama ini masih terkubur dalam-dalam bersama septi-tank WC kampus. Dan akhirnya proposal rampung juga.

Sorenya computer binal itu bikin masalah lagi. “Bii…Komputer HIMA error lagi neeh?”

Komputer error? Itu perkara mudah buat saya! Dengan wajah angkuh, saya jawab keluhan mereka dengan pasti, “Berdiriin aja CPUnya!” Gile, computer waras lagi. Terima kasih ya Allah, saya telah dianugerahi kemampuan keren ini!

ADa masalah Baru lagi. “Biie…port USBnya enggak ngedetect flesk disk nih..!!”

Hmm, ini masalah baru, namun saya yakin dengan kemampuan analisis saya, semuanya akan berakhir indah. Saya buka casing CPU, layaknya teknisi nomor wahid, saya analisa tiap-tiap komponennya. Bahasa kerennya, tiap komponen saya pencet-pencet. Temen saya binun liat apa yang saya lakukan, “ tenang bro, ini adalah cara reparasi model baru, pokoknya ente terima beres aja.” Temen saya ngangguk-ngangguk, enggak tahu ngangguk karena paham ato ngangguk karena gak ada kerjaan, ato juga ngangguk karena kepalanya diinjek dari belakang.

Setelah saya pencet-pencet, saya suruh teman saya cek apakah USB udah bisa dipake. Dan ternyata? Semua berakhir indah..USB bisa dipake, dan dia bisa ngelanjutin ngopi mp3.

Kali ini Masalah terjadi pada computer saya. Komputer saya enggak mau nyala juga, saya otak-atik memorinya, saya pencet-pencet komponennya, saya tidurkan, bangunin, dimiringin, dielus-elus, di cium, dikasih makan, diajak dangdutan, teteeep aja enggak mao nyala! Naluri teknisi saya berontak mencari pemecahan.

“Mungkin computer saya lagi ada masalah ama pacarnya, sapa tau dia lagi pacaran ama computer kamar sebelah dan sekarang lagi marahan. Yang harus saya lakukan adalah membiarkan ia sendiri dulu, dia tak mau dinganggu”

Ya udah, abis itu saya tinggalin computer imut saya. Saya pergi keluar sebentar buat cari pulsa. Setelah saya balik, saya coba ngomong baik-baik ama tuh computer. “Udah deh, cewek itu emang gitu, susah dimengerti, sekarang mending kamu nyala deh, saya mau ngerjain tugas nih!” Dan abracadabra, tuh computer keliatannya udah baekan ama ceweknya, dia MAU nyala!! Horeeee..saya bisa nge-game lagi!

Nah, dari sini saya mo ngasih tips buat kamu-kamu yang putus asa ngadepin computer kamu. Ini dia Tips dikala computer ngambek, en gak mau nyala :

  1. Ubah posisi CPU, yang semula berdiri tolong ditidurkan, yang tadinya tidur tolong dibangunin, coba juga dimiringin, dilempar-lempar, dibalik, ato dibuat maen bola.
  2. Pencet-pencet motherboard CPU kamu
  3. Komputer itu layaknya manusia yang punya hati dan perasaan, jangan kasari mereka, kalo ada masalah diomongin baik-baik. Kalo masih ngambek juga, tinggalkan dia sendiri, itu berarti dia lagi pengin sendiri.
  4. Rajin-rajinlah bersihkan jeroan computer. si Nurqomar waktu maen ke kamar saya berkata, “Bi, kamu tahu enggak, jin itu suka tinggal di sudut-sudut tembok, di belakang lemari, karena tempat-tempat itu sempit dan kotor.” Sialan! kamar gue mang kotor nur. Tapi Nurqomar betul, kalo kamu enggak pernah bersihin computer kamu, computer kamu bakan dijadiin sarangnya Jin. Hiiiy…
  5. Beli Komputer baru.

Saya yakin tips-tips saya ini bakal berguna buat kamu-kamu anak nongkrong MTV!! Selamat Mencoba..

Kalo computer anda tetep aja susah, hubungi Saya. Saya bisa bantu masalah anda, dengan cara yang tak terduga.


Teknisi keren

Abie with love

No comments :